Pajak Bumi & Bangunan NAIK 50%!

Kemarin pak RT mbagiin slip tagihan PBB ke para warga. Begitu gue liat angkanya, holisit, angkanya naik 50%!

Gak heran kalo dulu bokap gue pernah ngomel-ngomel, katanya, “Kita yang udah dengan sadar mbayar pajak, tiap hari pajaknya malah dinaikin terus! Sementara tetangga-tetangga yang dengan sadar pada ngemplang pajak, sampai sekarang malah ketawa-ketiwi! Nggak adil ini namanya! Kemalasan orang pajak, kita yang nanggung! Kitanya sadar, tapi orang lain tetep seenaknya gitu. Tau gitu, dulu nggak usah mencatatkan diri deh!”

Hiks! Ternyata memang ada benernya kata bokap gue. Hanya karena ada target pendapatan pajak, HARUSNYA orang pajak lebih RAJIN mencari mereka yang BELUM bayar pajak, bukannya malah MALAS lalu serta merta malah menaikkan pajak orang yang SUDAH mbayar pajak.

Tiap tahun pendapatan naiknya dikit banget, sementara pengeluaran naiknya gila-gilaan! Bangkrut atuh kang!

Kapan Indonesia bisa lebih baik? Sampai kapan gue harus bertahan di Indonesia sampai gue bener-bener bangkrut? 5 tahun lagi? 10 tahun? 15? 20? 25?